Memahami Ritme Sirkadian untuk Menjaga Kesehatan Tubuh





Seorang wanita sudah bangkit dari tidurnya Irama sirkadian atau irama sirkadian adalah skema internal badan yang mengendalikan beberapa hal, dari mulai siklus tidur sampai pencernaan. Pahami irama ini bisa menolong Anda dalam mempertahankan kesehatan badan.

Mengenali irama sikardianRitme sikardian mempunyai bermacam peranan pada tubuh. Irama ini bisa mengubah siklus tidur, temperatur badan, pencernaan, rutinitas makan, pelepasan hormon, serta peranan penting badan yang lain.

Lamban atau cepatnya jam biologis badan bisa mengakibatkan irama sirkadian yang terusik atau berjalan tidak normal. Jam biologis badan ialah skema yang mengendalikan proses pada tubuh masih berjalan berdasar agenda yang tersambung dengan siklus matahari.

Irama yang tidak teratur bisa tingkatkan efek timbulnya bermacam situasi kesehatan, contohnya obesitas, masalah tidur, diabetes, serta sampai stres serta masalah bipolar.

Ini yang berlangsung bila irama sirkadian tergangguIrama sirkadian normal ditata oleh siklus jelas serta gelap semasa 24 jam. Seorang dengan irama sirkadian yang terusik bisa alami banyak hal, seperti bangun begitu pagi serta tidak dapat tidur lagi, atau mungkin tidak berasa fresh waktu bangun.

Mengenai situasi yang biasanya mengakibatkan masalah irama sirkadian ialah seperti berikut:

1. Perkembangan jam kerjaMereka yang kerja shift atau mempunyai jam kerja yang berlainan, bisa mengubah irama sirkadian badannya. Masalah ini bisa membuat mereka cuma dapat tidur kurang dari 4 jam dibanding orang umumnya.

2. Perkembangan zone waktuPerubahan zone waktu atau pergi ke daerah yang mempunyai ketidaksamaan waktu dengan rumah Anda bisa mengakibatkan irama sirkadian badan terusik. Situasi ini seringkali diketahui dengan jet lag serta bisa menyertakan tanda-tanda seperti rasa kantuk yang seringkali dibanding awalnya.

Disamping itu, jet lag dapat mengakibatkan menyusutnya kesiagaan seorang di siang hari. Makin jauh Anda pergi, maka semakin jelek situasi ini.

3. Sindrom babak tidur yang tertundaSindrom babak tidur yang terlambat atau delayed sleep phase syndrome (DSPS) ialah masalah jam tidur yang membuat penderitanya condong tertidur tengah malam serta susah bangun di selanjutnya harinya. Situasi ini biasanya dirasakan oleh remaja serta dewasa muda.

Mengenal Jenis Taruhan 1x2 Atau FullTime

4. Masalah tidur 24 jamGangguan ini seringkali dirasakan beberapa tunanetra sebab irama sirkadian ditata oleh siklus sinar. Oleh karenanya, irama sirkadian mereka jadi terusik hingga bisa mengakibatkan berkurangnya kualitas serta jam tidur. Situasi ini dapat juga mengakibatkan kantuk di siang hari.

5. Sindrom babak tidur kelanjutan Sindrom babak tidur kelanjutan atau advance sleep phase syndrome (ASPS) ialah masalah yang mengakibatkan seorang tidur serta bangun lebih dini dari yang diharapkannya. Contohnya, Anda tertidur di antara jam 7 serta 10 malam, lalu terjaga di antara jam 2 serta 6 pagi.

Kecuali banyak hal di atas, masalah irama sirkadian dapat dikarenakan oleh kehamilan, penyembuhan spesifik, menopause, Parkinson, Alzheimer, serta masalah kesehatan mental.

Langkah menangani masalah irama sirkadianGangguan irama sirkadian bisa didiagnosa dengan memakai actigraphy serta catatan tidur. Actigraphy ialah pengukur pergerakan yang berkepanjangan dengan memakai piranti kecil yang disebutkan actigraph.

Sesaat, catatan tidur ialah catatan harian berbentuk elektronik atau kertas yang dipakai untuk mencari jadwal tidur Anda dalam periode waktu yang lama.

Sesudah ketahui bagaimana jadwal tidur Anda, dokter biasanya akan lakukan cara-cara untuk menangani masalah ini. Berikut beberapa salah satunya.

1. Therapy sinar Lewat therapy ini, Anda akan mengendalikan lagi irama sirkadian Anda dengan ada di seputar sinar jelas di saat spesifik sehari-harinya.

2. KronoterapiTerapi ini akan menolong Anda perlahan sesuaikan jam tidur sampai capai waktu yang Anda kehendaki.

3. Obat-obatanSelain dua therapy di atas, macam penyembuhan seperti pemberian melatonin, obat tidur, atau insentif dapat diberi oleh dokter untuk menolong mereka yang alami masalah sirkadian.

Tidak itu saja, menangani masalah sirkadian dapat juga Anda kerjakan sendiri dengan mengubah pola hidup.

Misalnya dengan mengagendakan tidur siang, hindari cafein atau nikotin sebelum tidur, serta kurangi paparan sinar waktu akan tidur. Janganlah lupa untuk mengganti lingkungan tidur Anda dengan membuat bertambah lebih nyaman.

[[artikel-terkait]]

Itu banyak hal yang penting Anda kenali mengenai irama sirkadian. Pelajari irama sirkadian serta mengawasinya agar masih normal, bisa menolong Anda untuk mempertahankan kesehatan serta hindari beberapa penyakit.

tidur permasalahan tidur Rujukan Sleep

Postingan populer dari blog ini

Often, a harm-avoidance technique is actually ideal

Unforgiven: Hackman's Trousers Possessed Technicalities

Significant Hollywood Oversights You Perhaps Never ever Seen